Istilah SEO Populer yang wajib di ketahui - MP3MIX - Berita terbaru hari ini

MP3MIX - Berita terbaru hari ini

Mp3mix adalah blog tentang berita, tips dan trik android, instagram, seo dan masih banyak yang lainnya.

Friday, February 23, 2018

Istilah SEO Populer yang wajib di ketahui

Istilah SEO Populer yang wajib di ketahui

Hai kawan, ketemu lagi dengan saya di blog tips dan trik. Perkenalkan nama saya inoslacky dari indonesia. Kali ini kita akan membahas tentang istilah populer yang ada di SEO ( Search Engine Optimazation).

Ketika berurusan dengan strategi SEO, Anda akan menemukan banyak sekali istilah khas. Sebagian ada padanan bahasa Indonesianya, namun Anda sebaiknya menghapalkan istilah istilah bahasa Inggrisnya juga, karena cenderung lebih populer dan mudah diingat.

Berikut beberapa istilah penting dalam dunia SEO yang wajib diketahui: 

  • SERP. Search Engine Results Page (SERP) adalah istilah mudah untuk menggambarkan halaman hasil pencarian Google, Yahoo, Bing, atau mesin pencari lainnya setelah pengguna mengetik kata kunci dan menekan Enter. 
  • URL. Uniform Resource Locator (URL), atau Lokator Sumber Seragam dalam bahasa Indonesia, adalah deretan karakter yang menunjukkan alamat situs Anda. Deretan karakter inilah yang diketikkan oleh pengguna untuk mencapai situs Anda. 
  • Deskripsi meta. Deskripsi meta (meta description) adalah deskripsi singkat situs Anda, yang muncul di bawah URL ketika situs tersebut muncul di SERP. Deskripsi ini tidak muncul di situs Anda, tetapi akan membuat situs dibaca oleh Google dengan lebih mudah.
  • Hosting. Hosting atau web hosting adalah tempat di mana situs Anda tersimpan di internet. Pemilik situs komersil harus membayar secara rutin kepada jasa penyedia web hosting agar bisa terus memiliki situs dengan domain khusus, misalnya yang berakhiran .com, .or.id, atau .net.
  • Kata kunci. Kata kunci (keyword) adalah kata atau frase yang memiliki fungsi penting dalam strategi SEO sebuah situs. Misalnya, jika Anda memiliki bisnis paket haji dan umroh murah, maka kata kunci yang akan sering Anda pakai contohnya adalah “lowongan kerja”, “lowongan kerja 2018,” dan sebagainya.
  • Kata kunci panjang. Kata kunci panjang (long-tailed keyword) terdiri dari tiga kata atau lebih. Dalam strategi SEO, menggunakan kata kunci panjang biasanya lebih efektif daripada jika kata kunci Anda hanya terdiri dari satu atau dua kata. Hal ini karena kata kunci panjang membidik halaman situs yang lebih spesifik. Misalnya, “lowongan kerja 2018” jauh lebih efektif dari “lowongan kerja” saja. 
  • Kepadatan kata kunci. Kepadatan kata kunci (keyword density) adalah istilah yang menggambarkan seberapa sering kata kunci muncul di dalam sebuah teks, misalnya di artikel situs atau blog. Cara menghitungnya adalah dengan menghitung berapa jumlah kata kunci yang muncul, membaginya dengan jumlah kata secara total, lalu mengalikannya dengan 100. Angka kepadatan kata kunci ditunjukkan dengan persen.
  • Nama domain. Nama domain (domain name) merujuk pada alamat situs yang diketikkan pengguna, dan ini tidak harus sama dengan nama situs yang sebenarnya. Misalnya, situs lowongan kerja Liputan 6 memiliki nama domain liputan6.com, seperti ilustrasi di atas. 
  • Tautan balik. Tautan balik (backlink) adalah sebutan untuk tautan menuju situs Anda yang terpasang di situs orang lain. Backlink merupakan bagian penting dari strategi SEO, karena ini berkaitan dengan tingkat popularitas situs Anda secara keseluruhan.
  • Tautan dalam. Tautan dalam (deep link) hampir sama seperti backlink. Akan tetapi, jika backlink mengarahkan ke orang ke halaman depan (homepage) situs Anda, deep link mengarahkan orang ke halaman-halaman lain di dalam situs tersebut. 
  • Teks jangkar. Teks jangkar (anchor text) adalah kata atau frase yang juga berfungsi sebagai tautan, yang kemudian bisa diklik oleh pengguna internet untuk menuju ke sebuah situs. Misalnya, Anda menulis artikel dengan menyelipkan kata “paket umroh dan haji murah”, kemudian Anda menyelipkan URL situs Anda di kata-kata tersebut. Anchor text memiliki warna berbeda dari teks di sekitarnya, agar mudah mengundang klik. 
  • Traffic. Traffic secara umum berarti lalu lintas. Dalam dunia SEO, istilah ini merujuk pada lalu lintas pengguna yang mengunjungi situs Anda. Sebenarnya, Anda masih akan menemukan banyak sekali istilah khusus di dalam dunia SEO. Akan tetapi, menghapalkan berbagai istilah di atas sudah sebuah permulaan yang bagus. Anda bisa membidik strategi optimisasi situs dengan lebih baik jika Anda tahu apa yang harus dibidik, dan dengan cara apa.
Nah Itulah beberapa istilah popular SEO yang bisa saya jelaskan. Jika artikel ini bermanfaat bagi anda dan teman anda, janganlah ragu untuk menshare ke teman anda lewat facebook, twitter, Instagram, dan media social lainnya. Sekian dan terima kasih saya ucapkan terima kasih telah membaca artikel saya.

No comments:

Post a Comment