Tips & Trik Cara Meningkatkan Trafic Pengunjung Blog Dengan SEO
Hai kawan, ketemu lagi dengan saya di blog tips dan trik. Perkenalkan nama saya inoslacky dari indonesia. Kali ini kita akan membahas tentang SEO ( Search Engine Optimazation).
Definisi SEO
SEO ( SearchEngine Optimazation) adalah strategi
pemasaran yang berfokus pada peningkatan visibilitas disitus mesin pencari
seperti : Google, Yahoo, Bing, Yandex.
Adapun tujuan
dari SEO adalah untuk menempatkan situs kita berada di peringkat atas di mesin
pencarian seperti google, yahoo, bing, yandex dimana ketika orang mencari
artikel kita, maka akan berada di halaman pertama mesin pencari.
Selain tujuan di
atas SEO juga berguna untuk meningkatkan lalu lintas atau traffic pengunjung di
halaman situs kita sehingga akan mendorong peningkatan potensi keuntungan
ataupun penghasilan lewat iklan adsense, maupun iklan dari pihak ketiga. Walau
SEO telah di terapkan di situs kita, kita harus menjaga bahwa pengunjung dari
situs kita adalah pengunjung organik, bukan merupakan pengunjung dari alat, spam atau jasa iklan berbayar (yang
artinya saat situs kita muncul di halaman mesin pencari bukan karena iklan).
Banyak orang
mencoba menggunakan strategi atau metode lain untuk mempromosikan situs mereka,
namun SEO lah yang sangat penting bagi
kesuksesan promosi situs kita, terutama untuk jangka panjang.
Contoh Penerapan SEO
Mari kita lihat
contoh hasil penerapan strategi SEO dari situs lowongan kerja, maka yang muncul
di halaman pertama dan urutan pertama yaitu situs milik liputan6. Lowongan
kerja tersebut menggunakan situs dengan nama URL www.liputan6.com , dan memberikan informasi
berbagai lowongan pekerjaan. Karena situs lowoangan kerja seperti ini sangat
banyak di Indonesia, Liputan.com tentu menghadapi persaingan ketat saat
mempromosikan situsnya. Karena banyak calon pekerja yang mencari informasi tentang
lowongan pekerjaan lewat Google, Liputan6.com ingin agar situsnya muncul di
halaman pertama ketika pengguna internet mengetik kata “Lowingan kerja” atau “Lowongan
kerja 2018”. Setelah menerapkan strategi SEO, Anda bisa lihat bahwa situs Lowongan
Kerja muncul di halaman pertama hasil pencarian di Google seperti foto di bawah
ini.
Gambar 1. Situs Liputan6.Com Berada di Urutan Pertama |
Gambar 2. Situs Liputan6.Com Berada di Halaman Pertama |
Dengan demikian,
Liputan6.com berpotensi menarik banyak pengunjung pencari lowongan kerja di
internet dibanding situs lainnya yang menampilkan jasa lowongan kerja lainnya, karena namanya lebih mudah ditemukan
di Google.
Ilustrasi di
atas menunjukkan bahwa strategi SEO bisa membantu bisnis Anda menghadapi
persaingan dalam promosi lewat internet. Apapun produk yang Anda jual, Anda
bisa menjangkau lebih banyak orang dengan menerapkan strategi ini.
Perbedaan Strategi SEO dan Non SEO
Anda mungkin
penasaran: apa perbedaan antara strategi promosi dengan tanpa SEO? Apakah
strategi SEO selalu lebih baik daripada non SEO? Strategi promosi SEO biasanya
dilakukan dengan menggunakan jasa promosi berbayar. Jika Anda mengetik kata
kunci “Lowongan Kerja, misalnya, situs yang populer dengan menggunakan strategi
SEO akan muncul di deretan tengah. Sebaliknya, situs yang mengandalkan metode
non SEO akan muncul di pinggir atau atas halaman, lengkap dengan tulisan “Ad”
di dekatnya. Strategi SEO dan non SEO sebenarnya sama-sama baik, karena
penggunaannya disesuaikan dengan situasi. Strategi berbayar biasanya digunakan
untuk promosi secara cepat, terutama untuk situs-situs baru yang harus bersaing
dengan pemain lama. Sebaliknya, strategi SEO memakan waktu lebih lama hingga
Anda bisa melihat hasilnya, tetapi efek yang ditimbulkan bisa jangka panjang.
Nah Itulah
Pengertian SEO, Tujuan SEO yang bisa saya jelaskan. Jika artikel ini bermanfaat
bagi anda dan teman anda, janganlah ragu untuk menshare ke teman anda lewat
facebook, twitter, Instagram, dan media social lainnya. Sekian dan terima kasih
saya ucapkan terima kasih telah membaca artikel saya.
No comments:
Post a Comment