Cara Optimasi SEO pada Halaman Situs Anda - MP3MIX - Berita terbaru hari ini

MP3MIX - Berita terbaru hari ini

Mp3mix adalah blog tentang berita, tips dan trik android, instagram, seo dan masih banyak yang lainnya.

Saturday, February 24, 2018

Cara Optimasi SEO pada Halaman Situs Anda

Cara Optimasi SEO pada Halaman Situs Anda

Hai kawan, ketemu lagi dengan saya di blog tips dan trik. Perkenalkan nama saya inoslacky dari indonesia. Kali ini kita akan membahas tentang cara mengoptimasi halaman situs anda dengan  SEO ( Search Engine Optimazation).


Dua Jenis Optimasi SEO



Setelah mengenal tentang SEO dan prinsip riset kata kunci, saatnya mengetahui bagaimanan hal tersebut dilakukan. Secara umum, strategi SEO dibagi menjadi dua: optimasi halaman situs (on-page SEO) dan optimasi di luar situs (off-page SEO).


Optimasi Halaman Situs (On-page SEO)


Sesuai dengan namanya, strategi optimasi halaman situs berfokus pada aspek-aspek yang ada di situs Anda sendiri. Tujuannya adalah menciptakan relevansi antara situs Anda dengan kata-kata kunci yang diketik pengguna internet pada mesin pencari. Misalnya, jika Anda memiliki bisnis paket umroh murah, maka strategi SEO diterapkan agar situs Anda muncul pada halaman pertama saat kata kunci “paket umroh murah” diketik.
Ada beberapa cara untuk menerapkan optimasi halaman pada situs Anda, yaitu:
  • Menggunakan kata kunci relevan pada nama domain. Sebagai contoh, walau perusahan penyedia jasa umroh di contoh sebelumnya bernama Alhijaz Indowisata, tetapi nama domainnya adalah TravelUmrohHajiku.com.
  • Gunakan kata kunci pada judul, tetapi usahakan sealami mungkin. Jika Anda mau mempromosikan paket umroh murah 2018, misalnya, pastikan kata-kata “paket umroh 2018” atau “umroh murah 2018” ada di dalam judul.
  • Tempatkan kata kunci pada posisi tepat di dalam artikel. Idealnya, kata kunci harus mulai ditempatkan di dalam seratus kata pertama. Setelah itu, sebarkan kata kunci secara merata di dalam artikel.
  • Tempatkan kata kunci pada deskripsi meta (meta description), yaitu teks pendek yang mendeskripsikan situs atau blog Anda. Teks pendek ini hanya terlihat di bawah URL situs ketika hasil pencarian muncul.
  • Gunakan kata kunci pada kategori halaman. Misalnya, jika Anda ingin mempromosikan paket umroh murah 2018, buatlah kategori bernama “Umroh Murah 2018” pada halaman situs. Selain memudahkan pengunjung, hal ini juga membuat situs Anda lebih relevan saat ditelusuri oleh Google.
  • Tambahkan kata kunci pada H1, H2, H3, dan seterusnya. Ini adalah istilah untuk judul dan subjudul pada badan teks. H1 merujuk pada judul utama di bagian atas, sedangkan H2, H3, dan seterusnya adalah subjudul. Strategi SEO ini secara tidak langsung memaksa Anda membagi-bagi teks ke dalam paragraf yang mudah dibaca, sehingga pengunjung situs juga merasa nyaman.
  • Buat URL yang pendek. Ketika Anda membuat konten situs, pastikan URL situs tersebut pendek tetapi efektif, serta mengandung kata kunci relevan. Misalnya, jika URL situs Anda JasaUmrohMurah.com, lalu Anda membuat tulisan di blog dengan judul “Tips Memilih Paket Umroh Murah”, pastikan URL halaman tersebut efektif, misalnya http://jasaumrohmurah.com/blog/tips-paket-umroh-murah.
  • Unggah gambar yang ramah SEO. Jika ingin menggunakan gambar atau foto, pastikan membuat judul dan keterangan yang mengandung kata kunci. Perlakukan setiap file gambar sama seperti teks atau tulisan di situs yang Anda rapikan dengan strategi SEO. Misalnya, alih-alih menggunakan nama file acak “100340567.jpg”, gunakan nama “grup paket umroh murah Desember 2017”, tentunya jika relevan.
  • Tambahkan internal linking, yaitu tautan ke halaman berbeda di situs Anda. Ketika Anda memperbarui artikel di situs atau blog, pastikan memasukkan tautan ke halaman lain di situs Anda, tetapi tetap relevan. Selain memudahkan navigasi pengunjung, situs dengan halaman semacam ini akan mudah tertangkap oleh Google.

Optimasi di Luar Halaman (Off-page SEO)

Jika on-page SEO berfokus pada modifikasi situs agar lebih relevan, off-page SEO menekankan upaya terkait faktor-faktor yang ada di luar situs. Sebagian besar strategi ini melibatkan upaya mendapat backlink, yaitu tautan ke situs Anda yang dipajang di forum atau situs lain. Jika backlink semakin banyak, Google akan memberi peringkat tinggi pada situs Anda.

Berikut beberapa cara efektif untuk mendapat backlink tinggi:
  • Berkomentar di situs/blog orang lain.
Blog walking dan blog commenting merujuk pada aktivitas “jalan-jalan” ke situs atau blog orang lain, lalu memberi komentar dengan membubuhkan tautan ke situs Anda sendiri. Selain memperluas kesempatan mendapat klik baru, aktivitas ini juga berpotensi menambah kenalan di dunia maya, bahkan kesempatan untuk bergabung dalam komunitas.
  • Menggunakan Jejaring Sosial
Jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram kini menjadi alat utama dalam strategi pemasaran. Dengan membuat halaman jejaring sosial khusus untuk promosi situs, Anda bisa meningkatkan popularitas situs dan menciptakan sumber lalu lintas tambahan. Pengguna internet masa kini cenderung menilai reputasi suatu situs dengan melihat pilihan koneksi jejaring sosialnya. Semakin banyak akun jejaring sosialnya, semakin menarik situs Anda, karena dianggap mudah, trendi, serta lebih terpercaya.
  • Menggunakan Situs Penanda Sosial
Penanda sosial (social bookmarking) bisa mendatangkan lalu lintas pengunjung cukup besar ke situs Anda. Situs semacam ini contohnya adalah Digg, Reddit, Flickr, dan CareerBuilder. Akan tetapi jika Anda menyasar pengguna lokal, utamakan situs penanda sosial lokal juga, misalnya Lintas.me, Populerkan.com, dan SocialBookmark-Indonesia.com
  • Mengunjungi forum atau situs tanya jawab
Forum dan situs tanya jawab seperti KasKus, Detik, Merdeka, Kompas, dan Quora bisa menjadi sarana komunikasi antara pengguna internet dan pemilik situs yang memiliki minat sama dengan Anda. Jangan ragu menggunakan situs-situs ini untuk menjawab pertanyaan atau menciptakan thread dan menanggapi komentar yang masuk.
  • Membuat Video

Konten video saat ini termasuk yang menarik paling banyak perhatian di dunia pemasaran. Anda bisa mendapat lalu lintas pengunjung cukup lumayan dengan mengunggah video di YouTube, misalnya. Jika tidak percaya diri untuk tampil sendiri di depan kamera, Anda bisa menggunakan jasa pembuat video animasi untuk mengilustrasikan isi situs Anda.
  • Membuat Infografik

Tergantung isi situs serta produk yang dipromosikan, infografik bisa menjadi salah satu alat promosi yang bagus. Infografik cenderung cepat menarik perhatian dibandingkan teks, dan Anda bisa menyelipkan nama situs di gambar tersebut agar orang semakin tertarik mengetahui asal-usul ilustrasi tersebut.

Nah Itulah cara mengoptimasi halaman situs anda yang bisa saya jelaskan. Jika artikel ini bermanfaat bagi anda dan teman anda, janganlah ragu untuk menshare ke teman anda lewat facebook, twitter, Instagram, dan media social lainnya. Sekian dan terima kasih saya ucapkan terima kasih telah membaca artikel saya.

No comments:

Post a Comment